CARA PEMESANAN PRODUK

DISTRIBUTOR RESMI NASA NAMA: SITI FATMATUS SYAROFAH HP/WA : 0822 2000 5350 / 08222 9999 066 MENERIMA PENDAFTARAN DISTRIBUTOR BARU

CARA BUDIDAYA JAMBU AIR MENGGUNAKAN PUPUK NASA

CARA BUDIDAYA JAMBU AIR MENGGUNAKAN PUPUK NASA


Untuk menghasilkan jambu air yang lebat, manis, segar dan berwarna bagus ada dua macam faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yaitu iklim,cuaca,musim,kondisi geografis tempat menanam buah jambu air,curah hujan,angin dan lain lain. Sedangkan faktor internalnya yaitu perlakuan terhadap tanaman seperti penyiraman, pemupukan,perontokan,penyiangan hama, penyemprotan dan lain lain.

Kita tidak bisa mengubah faktor eksternal, tetapi kita bisa menyikapinya sesuai dengan kondisi yang terjadi. Misalnya, kita tidak perlu melakukan penyiraman setiap hari pada musim penghujan. Agar jambu dapat berbuah seperti yang diharapkan, maka tidak bisa lepas dari proses awal pertama kali menyiapkan bibit jambu air, menyiapkanmedia tanam sampai ke tehnik penanaman buat jambu air.

CARA PEMBERIAN PUPUK KANDANG

Pupuk kandang telah di siapkan dibenamkan ke dalam media tanam di dalam pot secara merata. Pupuk TS dibenamkan di bagian pinggiran dalam pot. Setelah pemberian pupuk, pot disiram merata sampai basah. Setelah itu penyiraman rutin di lakukan setiap pagi hari kalau belum turun hujan .

Meskipun media tanam terdiri dari pupuk kandang, pupuk organik juga masih tetap diperlukan untuk menanam bibit tanaman. Sampai umur 2 tahun, setiap 4 bulan, tambahan NPK (15:151:15) sebanyak 25 gram per drum. Sejak umur 3 tahun dan seterusnya, setiap drum di beri 100 gram NPK ( 15:15:15 ) Caranya, benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm, kemudian siram hingga cukup basah.

CARA PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK NASA
  • SUPERNASA 2 sendok + POWER NUTRITION 5 sendok di campur dengan 20 liter air dan disiramkan ke akar untuk 10 pohon ( perpohon 2 liter ). Lakukan 2 bulan sekali 
  • 6 tutup botol POC NASA + 2 tutup botol HORMONIK + 1/2 tutup Aero-810 + 8 tutup Pestona campurkan dengan 14 liter air ( 1 tangki ) untuk menyemprot daun jambu seminggu sekali. Lakukan penyemprotan pagi hari sebelum jam 10 pagi,
PENYIRAMAN DAN PENGGEMBURAN MEDIA TANAM 
  • Merawat tanaman buah jambu air terutama yang menggunakan media pot harus memerhatikan beberapa faktor, Yaitu : 
  • Penyiraman saat musim kemarau dilakukan sekali sehari agar pohon jambu air tidak dehidrasi. Jika penyiraman menggunakan air PAM yang mengandung kaporit, sebaiknya diendapkan dulu semalam baru esoknya dapat di gunakan untuk menyiram.
  • Usahakan air siramana jangan sampai menggenang lebih 1/2 jam. Karena genangan air bisa memicu penyakit busuk akar. Penyiraman dilakukan tergantung tergantung musim, pada musim panas minimal sehari sekali, begitu juga sebaliknya. Waktu penyiraman pagi bisa dilakukan sebelum pukul 09.00 dan sore sesudah pukul 16.00
  • Usahakan media tanam bibit tanaman tidak memadat. Pemadatan media biasanya terjadi karena penyiraman yangberlebihan setelah itu, lakukan penggemburan menggunakan sekop kecil. Hati hati, jangan sampai anda merusak akarnya
  • Penggantian Tanah. Media tanah cukup di ganti setahun sekali. Atau lebih baik lagi jika dilakukan dua kali dalam setahun. Jika akar sudah jebol, lebih baik media segeradi ganti

MENGURANGI DAUN JAMBU AIR

Setiap jambu berumur 6-8 bulan, atau 3-4 bulan setelah pemupukan awal, sebaiknya di lakukan perontokan daun.

Cara perontokanya ialah dengan membuang daun pada pada tiap ranting pohon. Daun yang disisakan hanya 4 lembar saja yang berada di pucuk pucuknya. Pekerjaan ini di lakukan di ssat kondisi tanaman sehat dan subur. Perontokan daun sebaiknya di lakukan setelah pemupukan. Jika kondisi cuaca panas sekali perontokan dapat di tunda. Perontokan daun jambu air ini berfungsi untuk merangsang pohon jambu berbuah.

Selain perontokan daun bisa juga diterapkan tehnik pemangkasan.Tujuan pemangkasan yaitu untuk membentuk habitus ( Kanopi ) tanaman agar tampak pendek, dan agar cabang tanaman serta pertumbuhanya seimbang. Pemangkasan pertama di lakukan ketika tanaman berumur kurang dari setahun, dan tinggi batang sekitar 75-100cm dari permukaan drum.

Cara pemangkasanya adalah saat pemangkasan perdana, pilih 3 cabang primer. Apabila panjang cabang primer lebih dari 50 cm, pangkas ujungnya hingga tumbuh cabang cabang sekunder.

Hanya dipilih 3 cabang sekunder per cabang primer. Selanjutnya, pangkas ujung cabang sekunder hingga tumbuh cabang tersier, dan pilih hanya tiga cabang tersier. dari ketiga cabang tersier inilah nantinya akan terjadi pembungaan dan pembuahan.


INFO LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI
NAMA : SITI FATMATUS SYAROFAH
KODE STOKIS: D.1737
TELEPONE\WA: 0822-2000-5350




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA BUDIDAYA JAMBU AIR MENGGUNAKAN PUPUK NASA"

Posting Komentar