CARA PEMESANAN PRODUK

DISTRIBUTOR RESMI NASA NAMA: SITI FATMATUS SYAROFAH HP/WA : 0822 2000 5350 / 08222 9999 066 MENERIMA PENDAFTARAN DISTRIBUTOR BARU

TEKNIK BUDIDAYA BAYAM BERMUTU TINGGI

TEKNIK BUDIDAYA BAYAM BERMUTU TINGGI 

Bayam Amaranthusspp adalah tanaman umum yang di budidayakan untuk dikonsumsi daunya sebagai sayuran hijau . Tanaman ini dikenal sebagai sumber nabati yang penting .Kandungan zat besi dalam bayam relative lebih tinggi dari pada sayuran daun lain, yang berguna pada penderita anemia. Berikut ini teknik atau cara dalam budidaya bayam agar menghasilksn mutu yang baik.




1.Syarat Tumbuh 

Tanah yang gembur dan subur dengan kisaran pH 6-7 adalah media tumbuh yang baik untuk pertumbuhan bayam . Tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun dari toleran terhadap ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Waktu tanam terbaik adalah pada awal musim hujan dan awal musim kemarau .

2. Pemilihan Variates 

Variates yang di anjurkan adalah Giti Hijau ,Giti Merah,Kakap Hijau, Bangkok, dan Cimangkok. Tetapi yang tersedia di pasaran adalah penjualan benih Bisi dan Maestro .

3. Pengolahan Tanah 

Buatlah model bedengan ,dengan cara tanah di cangkul  sedalam 20-30 cm agar gembur. Setrlah itu ,bedengan di buat dengan ketinggian sekitar 20-30 cm , lebar sekitar 1 m,dan panjang tergantung pada ukuran/Bentuk tanah. Jarak antara bedengan sekitar 40 cm atau selaras dengan tanah.

Setelah tanah diratakan ,kemudian tanah bedengan dikocor engan SUPERNASA 3 sendok makan / 10 liter .Diamkan selama 3 hari dan bedengan siap ditanami .

4.Penanaman 

Sebelum dilakukan penanaman ,bedeng disiram lebih dahulu untuk memudahkan penanaman . Penanaman dapat dilakukan dengan cara : 
  • Cara menyebar langsung pada bedengan. Namun sebelum di sebar baiknya direndam dengan larutan HORMONIK terlebih dahulu dengan dosis 1 tutup botol HORMONIK dalam 2 liter air.Rendam selama 2 jam .Setelah itu baru benih ditiriskan dan siap di sebarkan .Cara ini digunakan untuk menanam bayam cabut. Biji ayam disebr pada larikan /barisan dengan jarak antar barisan 10-15 cm. Kemudian larikan ditutup dengan lapisan tanah tipis
  •  Melalui persemaian .Cara ini di gunakan untuk menanam banyak petik .Pertama benih disemai, kurang dari 10 hari benih sudah tumbuh. Kemudian dilakukan pembumbunan dan dipelihara selama 3 minggu sampai bibit siap di pindahkan ke lapangan. Jarak tanam pada system ini adalah 50x30 cm.

5. Model Budidaya pot /polybag dan rak vertikultur

Jika lahan anda sempit, Gunakan pot/polybag atau rak vertikultur untuk budidaya bayam. Pot/Polybag berukuran 30x30 cm dapat di gunakan untuk tumbuhan bayam. Pot / polybeg harus dilubang di bagian bawah sisi kiri dan kanan wadah untuk membuang kelebihan air. Rak vertikultur merupakan wadah budidaya terbuat dari Kayu dan Talang PVC .Rak dapat dibuat hingga 4 tingkat dengan ketinggian 1,25 m dn panjang 80 cm. Sedangkan panjang selokan 1 m dan lebar 12 cm .
Talang dasar dalam lubang 4-5 lubang untuk pembuangan air surplus supaya tidak banjir. Selanjutnya ,rak ini akan di isi dengan media tanam.

6.Penanaman di pot/Polybag dan rak Vertikultur

Sebelum dilakukan penanaman, pot/polybag dn rak vertikultur disiram lebih dahulu untuk memudahkn penanaman . Penanaman di pot/polybag dilakukan dengan cara sebar langsung. Sedangkan penanaman di dalam rak vertikultur bisa dengan cara sebar langsung atau sebar pada larikan /barisan dengan jarak antar barisan 10-15 cm.

7. Perawatan 

Tanaman harus diperhatikan dan diperlakukan secara teratur .Penyiraman diperlakukan pda pagi dan sore hari .Setelah tanaman berumur 4 HST,semprotkan larutan POC NASA dan HORMONIK dengan campuran 3 tutup POC NASA dan 1 TUTUP HORMONIK dilarutkan dalam 12-15 liter air .Semprotkan 1-2 minggu sekali.

Penyiangan dapat dilakukn jika pertumbuhan gulma sudah melebihi tanaman budidaya . Jika ada hama dan penyakit,segera dikendalikan secara mekanis (dicabut dan dibakar) atau disemprot denga fungisida dan insektisida tanaman.

8.Panen

Bayam dapat dipanen saat usia tanam antara 3-4 minggu setelah tanaman tumbuh hingga ketinggian sekitar 20 cm. Cara panen dapat dilakukan dengan cara mencabut berikut akarnya atau dengan memotong di dasar sekitar 2 cm di atas tanah. Sedangkan untuk bayam prtik mulai dipanen saat usia tanaman 1-1,5 bulan. Bayam petik dapat dipanen seminggu sekali . Produksi tanaman bayam yang terpelihara dengan baik bisa mencapai 50-100 kg/100 m2.




INFO LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI
NAMA : SITI FATMATUS SYAROFAH
KODE STOKIS: D.1737
TELEPONE\WA: 0822-2000-5350



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNIK BUDIDAYA BAYAM BERMUTU TINGGI "

Posting Komentar