CARA PEMESANAN PRODUK

DISTRIBUTOR RESMI NASA NAMA: SITI FATMATUS SYAROFAH HP/WA : 0822 2000 5350 / 08222 9999 066 MENERIMA PENDAFTARAN DISTRIBUTOR BARU

TANYA JAWAB PUPUK DAN BUDIDAYA

TANYA JAWAB PUPUK DAN BUDIDAYA TANAMAN


· Dosis , cara dan waktu aplikasi prod NASA untuk sawit yang sudah berbuah?
Dosis ideal 3,5-5 kg POWER NUTRITION per 4-6 bulan sekali , diawal musim hujan dan diakhir musim hujan, dengan cara dikocor, atau ditabur ke piringan (bersama atau tidak dengan NPK).

· Bisakah memupuk sawit dengan POWER tanpa menggunakan air?
Prinsip memupuk agar bisa diserap oleh tanaman adalah ketersediaan air ditanah (kadar air dalam tanah). Jika tanah cukup lembab , efisiensi pemupukan Makro ataupun dengan POWER akan cukup tinggi, sebaliknya jika kadar air tanah sangat rendah (karena kemarau panjang) sebaiknya pemupukan dengan system pengocoran atau menunda pemupukan dahulu.

· Kelapa sawit produksi sudah lama tidak dipupuk/ diurus, dosis NASA berapa dan efek berapa lama?
Melihat kasus diatas sebaiknya aplikasi pupuk yang ideal adalah 3,5 ? 5 kg SUPERNASA atau POWERNUTRITION dan dengan NPK atau pupuk makro majemuk dengan dosis rekomendasi dari dinas pertanian setempat dengan cara ditaburkan (jika kadar air tanah cukup) atau dikocorkan jika tanah kering dengan air 5 liter per pokok.Efek pupuk bagi tanaman dipengaruhi antara lain oleh kondisi keasaman tanah, kadar air tanah, genetika tanaman , sejarah pemupukan lahan dll. Untuk pengalaman untuk tanaman sawit pengaruh pemupukan akan tampak antara1-4 bulan tergantung kondisi stress tanaman tersebut.

· Tanaman sawit kuning di rawa bagaimana aplikasi dengan prod NASA?
Untuk mengatasinya harus bersama2 lakukan teknis sebagai berikut :
Buat parit parit drainase, bersihkan piringan dan rintis, lakukan pemupukan dengan dolomit , lakukan pemupukan 1 bulan setelah aplikasi dolomit dengan pupuk TSP/SP36, atau pupuk NPK/MAKRO, yang dicampur dengan SUPERNASA yang memiliki daya kerja terbaik sebagai pembenah tanah.

· Bagaimana komposisi produk NASA terbaik untuk tanaman sawit produksi yang ditanam ditanah rawa (rendahan) ?
Gunakan SUPERNASA 2,5 kg dan POWER NUTRITION 2,5 kg per hektar per 6 4-6 bulan sekali.

· Berapa pengurangan pupuk makro yang ?aman ?jika sudah menggunakan POWER NUTRITION 3,5 ? 5 kg per hektar per 6 bulan?
Pengurangan sebaiknya maksimal 50% dari dosis rekomendasi setempat.

· Bagaimana aplikasi produk NASA jika disemprotkan pada bibit sawit dan sawit dibawah 2 tahun?
Untuk penyemprotan di pembibitan gunakan POC NASA 4-5 tutup dan HORMONIK 1 tutup per tangki merata . dan untuk tanaman TBM disemprotkan per tangki untuk 10-15 tanaman

· Berapa persen kenaikan Kelapa Sawit yang menggunakan Produk NASA?
Perlu ditekankan bahwa yang berpengaruh terhadap peningkatan produksi bukan hanya produk NASA saja, namun banyak faktor lain termasuk pupuk Makro, air, genetis tanaman, hama penyakit, iklim,sejarah lahan, dll. Pengalaman berkisar antara 25% bahkan ada yang 150%.

· Apa keistimewaan produksi sawit yang telah menggunakan produk NASA POWER NUTRITION?
Berbuah lebih kontinyu/ tidak terlalu mengalami trek buah seperti halnya tanaman sawit umumnya, ekstraksi lebih tinggi,berat janjang lebih berat, umur produksi lebih panjang, tanaman lebih cepat dewasa.

· Untuk pemupukan pohon kelapa kira2 pupuk yang digunakan apa saja ? dan berapa kira2 dosis untuk 1 pohon?
Untuk kelapa yang produksi POWER NUTRITION per pokok 25-30 gram, 2-3 kali pertahun. Dalam setiap aplikasi bisa dicampurkan dengan makro . Dosis Makro berkisar : Urea 0,75-1,5 kg., TSP 0,25-1 kg, KCl 1,25-2 kg, per batang pertahun.

· Produk NASA yang berguna untuk membusukkan jerami itu apa namanya?
Pembusukan jerami bisa dipercepat dengan penggunaan Supernasa yang dikocorkan dan ditaburkan dolomit di atas tumpukan jerami yang akan dibusukkan. Dan menutup tumpukan tersebut dengan plastik / seresah/daun 2 kelapa

· Apakah dalam aplikasinya POWER NUTRITION bisa dicampur dengan pupuk makro/pupuk kimia?
POWER NUTRITION / produk pupuk dari NASA mengandung unsur mikro, sedangkan untuk kebutuhan tanaman juga membutuhkan pupuk makro, sehingga dalam aplikasi produk NASA sangat disarankan Bapak masih tetap menggunakan pupuk makro/kimia.

· Apakah POC + Hormon dapat diaplikasikan pada padi yang sudah lewat masa pemupukan? Apakah masih akan diserap tanaman dan memberikan hasil?
POC NASA dan hormonik maupun jenis pupuk lain akan bisa diserap optimal selagi tanaman tumbuh vegetatif. Saat fase generatif, efek / efisiensi pemupukan sudah sangat rendah, meskipun masih bisa .

· Apakah sekarang NASA mengeluarkan pupuk organik serbuk yang dalam aplikasinya tidak lagi menggunakan urea?
Produk pupuk terbaru dari NASA adalah GREEN STAR yang organik , dengan kandungan unsur 2 mikro, hormon dan sedikit makro dan berbentuk serbuk, namun di lapangan kami menyarankan tetap menggunakan pupuk makro.

· Perendaman benih padi dengan POC waktunya berapa lama?
1-2 cc/liter air dan direndam 12 jam.

· Untuk mengatasi cabe yang kriting bgmn ?
Cabe terkena serangan trips atau apids. Untuk itu perlu dilakukan penyemprotan dengan pentana, 3 hari sekali, dan untuk pencegahan serangan jenis hama yang lain bisa gunakan pestona.
· Jika NASA dipakai bersamaan dengan PESTONA kapan waktu yang baik untuk penyemprotan ?
Jika NASA dicampurkan dengan PESTONA kami sarankan untuk disemprotkan di pagi hari untuk efektifitas PESTONA dan efisiensi pemupukan.

· Produk apa saja yang efektif untuk memacu buah naga + aplikasinya?
POWERNUTRITION 20-25 gram per tiang dengan interval 4-6 bulan sekali , dan penggunaan Makro jangan lupa, bisa dikocorkan bersama makro atau sendiri-sendiri
· Dalam aplikasinya bisakah POC NASA dicampur dengan pupuk biologi agrobost mikroba dan bakteri?
Meskipun bisa, namun untuk mengetahui peranan pupuk NASA akan sulit disitu, karena perbedaan cara kerja dan pengaruh terhadap lingkungan, kami sarankan memisahkan produk NASA dengan produk yang bapak sebut.
· Untuk penanaman bawang merah pupuk apa saja yang digunakan produk NASA?
Supernasa untuk pupuk dasar, POC NASA dan HORMONIK untuk penyemprotan .

· Unsur Mo itu apa?
Merupakan unsur (Molibden) yang dibutuhkan untuk enzim reduktase NO3?, dan juga dibutuhkan untuk bakteri simbiotik yang menyemat N2 dalam bintil kacang- kacangan.
· Sawit 2 hektar, umur 3 tahun tidak diurus, pupuk apa yang dipakai dan bagaimana proses aplikasinya?
Pemupukan lengkap, dan berimbang . Gunakan NPK / makro, , Dolomit dan Mikro (SUPERNASA dan POWERNUTRITION). Dosis SUPERNASA 2,5 kg SUPERNASA, dan 2,5 POWERNUTRITION untuk 1 ha tanaman dengan interval 3-6 bulan sekali.

· Untuk perangsang jamur pakai prodak apa kalau dari NASA ?
POC NASA

· Pengolahan brambang luas 250 m sprk, NASA, Glio berapa?
NASA 1 botol., SUPERNASA 1 botol, Glio 1 pak
· Untuk tanaman Hydroponik produk dari NASA yang bisa digunakan apa?
Produk yang digunakan NASA dengan konsentrasi rendah 1 tutup untuk 20- 30 liter air.

· Saya mempunyai stok SPRN tetapi terus menerus dikerubuti semut. Apa penyebabnya dan bagaimana mencegahnya?
Karena secara produk hal tersebut tidak memungkinkan untuk terjadi. Kemungkinan plastik/ tempat penyimpanan pupuk tersebut terkontaminasi bekas gula atau sesuatu yang manis. Cara mengatasinya dengan kapur anti semut saja.

· POC NASA dan HORMONIK dicampur dengan ARIFO ada efeknya gak?
Bisa saja , efeknya beda karena ARIFO pestisida, sedang NASA dan HORMONIK tergolong dalam nutrisi, sehingga tidak saling mempengaruhi mempengaruhi .

· Tanaman kakao : 1). Subur daunnya tidak berbuah, 2) Buah yang ada terkena bintik hitam dan buah mengeras. Gmn solusinya?
Kakao bisa karena terlalu rindang atau terlalu banyak naungan atau karena jarak tanam yang terlalu rapat, sehingga perlu dikurangi dan dilakukan pemangkasan bentuk.
Kakao terserang hama penggerek buah kakao : Perlu dilakukan teknis pengendalian dengan PsPSP = Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi, Pemupukan ( dengan pupuk yang cukup, lengkap = Makro/NPK dan Mikro dengan NASA/POWERNUTRITION.

· Untuk bunga kira2 pupuk apa yang cocok berapa dosis?
Untuk tanaman hias bunga gunakan POC NASA : HORMONIK (4:2 ttp/tangki)
Untuk tnm hias daun Gunakan SUPERNASA 1 sdm dilarutkan air 5 liter dan diberikan per pokok 2 gelas, dan semprot POC NASA dan HOR (4:1 ttp/tangki) 1-2 minggu sekali.
· Untuk lahan 1 ha jagung idealnya habis berapa botol Nasa dan Hormonik?
Nasa 10 botol, dan Hormonik 10 botol, untuk pembenah tanah supernasa 20 botol per hektar.
· Mohon untuk aplikasi Kentang .
SUPERNASA 2 botol per 1000 meter sebagai pupuk dasar dan POC NASA dan HORMONIK masing-masing 1 botol untuk perawatan, sejak umur 15,30, dan 45 hari.

· Mengapa dalam buku panduan produk pada pemupukan semangka kok tidak menggunakan Urea ( nitrogen) sama sekali? Bukankah N sangat berguna buat daun?
Selain Urea pupuk sumber Nitrogen juga bisa dari Za, dan khusus ZA memang cocok untuk tanaman buah-buahan seperti semangka dan melon untuk mendapatkan cita rasa yang lebih manis.

· Padi yang pada awalnya hijau jadi merah setelah diairi/hujan. Kenapa dan bagaimana soluisinya?
Padi bapak menunjukkan gejala terkena serangan jamur. Dan perkembangan jamur memang biasanya pada saat kondisi kelembaban udara yang tinggi, dan penyebaran bisa melalui air , maupun angin. Untuk antisipasinya gunakan Glio dan penyemprotan rutin menggunakan PESTONA
· Saya seringkali dapat kiriman tanaman obat dari jawa, tetapi selalu mati, bagaimana tehnik perawatannya apabila tanaman baru datang dari perjalanan jauh?
Untuk memperkuat daya tahan dan kecepatan daya tumbuh tanaman, rendam dengan larutan HORMONIK 1-5 jam sebelum tanam, dan kocor media tanam dengan SUPERNASA 1 sdm/ 5 liter air. 1 ttp hor / 5 liter, dan 1 sdm SPRN per 5 liter air, kocorkan secukupnya/ cukup basah
· Ada tidak produk penumbuh jamur kuping ?
Gunakan POC NASA 1 ttp per 5 liter dan disuntikkan dalam baglog (kantong plastik berisi media dan bibit jamur) atau disemprotkan di media jamur.

· Untuk produk Nasa yang cocok untuk merangsang pertumbuhan jamur tiram pada petani jamur itu apa?
Karena jamur hidup dengan memanfaatkan?makanan? yang ada dalam media, maka memberikan makanan yang paling baik adalah memberikan yang bersifat ?jadi? dengan menambahkan POC NASA dengan cara disuntikkan dalam media atau disemprotkan sebelum bibit jamur tumbuh
· Apakah masih boleh dikasih pupuk Coklat yang berbunga?
Utk coklat tdk masalah dalam pemupukan dengan power/supernasa dikocor bersama NPK, dan POC NASA ?Hormonik disemprot asalkan tdk pada bunganya.
· Pak, setelah padi berusia 45 HST untuk memperbanyak bulir sy harus menyemprot dengan pestisida apa?
POC 4 tutup, Hormonik 2 ttp per tangki 14 liter sebelum berbunga, jangan disemprot saat bunga sedang muncul.

· Apakah pengaruh borax apabila diaplikasikan ke tanaman sawit? Terimakasih .
Memacu kedewasaan tanaman sawit sehingga cepat produksi, untuk kasus defisiensi unsur Boron digunakan rutin tiap 3 tahunan.

· Bagaimana dosis penggunaan POWERNUTRITION untuk tanaman cabe?
Pada saat usia cabe sudah diatas 35 hari-40 hari. Dosis 1 sdm per 10 liter air, dan sertakan sedikit NPK 1 sdm untuk dikocorkan 21-2 gelas per tanaman.
· Kalau untuk pemupukan mangga harus bagaimana cara pemupukan , dan pupuk apa saja yang digunakan?
Untuk mangga yang sdh produksi bisa pakai power nutrition dosis per pokok 3 sdm (30 gram) kocorkan 3 bulan sekali bersama NPK. Jika belum berproduksi (masih rendah) bisa dikocorkan supernasa dosis 1-2 sdm per pokok, dan bisa disemprotkan POC NASA dan HORMONIK 3-4 ttp : 1 ttp per tangki.
· Untuk pohon pisang kira2 cocok dipupuk apa ya?
Untuk pisang cukup supernasa n powernutrition, dan NPK dengan ulangan per 4 bulan, gunakan juga Glio untuk mencegah layu bakteri pisang. Dosis per rumpun 25-30 gr spr/pwr per rumpun.

· SPRN dicampur dengan obat WEKO (Herbisida) bisa gak?
Jika diberikan jauh hari sebelum masuk tnm/benih dilahan bias saja, (yang penting pengaruh ke tanaman pokok sudah hilang)coba cari tau efek/masa reaksi di tanah.Hati2 dengan herbisida.
· Apakah aplikasi produk NASA bisa dicampur dengan pestisida? Dan apakah aplikasi prod NASA dengan dosis tinggi, hasil jd lbh bgs?
Bisa hanya efisiensi pemupukan/pestisida tergantung waktu.Jika pagi cocok untuk pupuk, kalo sore cocok pestisida.
Cara pemupukan yang baik adalah standard tp lebih sering, daripada dosis tinggi tp tdk rutin.

· Untuk pemupukan bawang merah.Pengaplikasiannya dg cara NPK+POC NASA+SUPERNASA+GLIO dicairkan lalu disemprot/disiramkan digaritan tanaman bawang. Apakah aman dan tidak membuat daun terbahkar? Atau ada cara lain yang lebih efektif?
Untuk glio dan SPRN tidak untuk disemprotkan ke bagian atas, tetapi untuk pengocoran. Untuk bagian atas cukup NASA dan HORMONIK

· Sy mau Tanya mengenai pupuk yang digunakan dan cara aplikasinya di tanaman durian dan pete.
Pakai pwr nutr 30-50 gr/pkk (3-4x1 thn) + npk 200 gr per pkk (umur 5 thn keatas), setahun 2-3 kali. Waktu bunga jangan sampai kekeringan dan berikan KCl agar buah dan bunga tdk rontok.
· Ada petani organik mainded pingin aplikasi pupuk tanpa kimia, kira2 nasa,pwr,poc,hor tanpa NPK biosa tdk? Utk 1000 m2kira2 butuh berapa botol?
Per 1000 m2 perlu minimal 500gr sprn, 500 ml poc, 100 mlhor, dan bisa + 500 gr pwr. Makro tetap digunakan untuk hasil yang lebih optimal.
Jika tanpa Makro, kebutuhan bisa sangat banyak dan mungkin akan sgt mahal. Kira2 antara 100 btl sprn, 100btl poc,dan horm, dan atau bisa ditambah100 btl pwr per ha, untuk menggantikan pupuk kimia
· Kalau kondisi ppk makro KCl di lapangan tdk tersedia, krn ktnya unsur K berperan dalam pembentukan buah, dr NASA punya solusi apa ya? Krn KCl di kalangan petani di merauke sdh lama tdk ada.
Jika tdk ada KCl cari MOP, atau KNO3, Jika pupuk tunggal tdk ada cari NPK dg kadar K yang tinggi.
· Bgm dan kapan cara penggunaan POC dan HOR pada tanaman padi?
Pagi hari dibawah jam 10. Perbandingan3-5 ttp dan hor 1 ttp/tangki 14 liter. Umur padi 15,30,45 hr. Semprot diseluruh permukaan daun.

· Sy baca di cr bddy tnm cabe knp kok msh dignkan ppk makro? Kalo seumpama menggunakan ppk mikro saja (prod nasa) apkh kurang maksimal hslnya?
Hasil optimal jika nutrisi makro dan mikro.
Berarti tjd pembengkakan biaya pup nantinya dan kita masih bergantung dg pup anorganik yang merusak tanah?
Sebetulnya tdk 100% kesalahan ppk kimia, hanya karena kita tidak seimbang dalam menggunakan pupuk organic ( terlalu sdkt) padahal banyak mengandung as, humat vulvat yang menguraikan sisa residu pup kimia.
· Berapa jarak optimal tanaman kakao? Dan Biomikro prod CNI lbh bagus mana dengan prod NASA?
Jarak kakao bisa 2,5x2,5m,3,5x3,5, dan 4x4 m. Semakin subur tanah jarak tanam semakin lebar. Pupuk asal dari bakteri kelemahannya: tidak scr langsung memberikan nutrisi karena hanya hasil kerja mikrobianya yang dimanfaatkan tnm,jika disimpan lama akan mati, tidak selalu cocok dengan tanah aplikasi , akan mati jika terkena bahan kimia.
Produk NASA adalah berbahan baku organic dari sisa makhluk hidup, nutrisinya bisa diserap langsung tanaman, menyuburkan tanah dan mengandung Hormon, cocok untuk segala mcm tanah, bisa disimpan lama.
· Untuk budidaya jamur merang apa bisa digunakan produk pupuk POC NASA dan hormonik? Dan mohon penjelasan dan cara pemakaiannya .
Pada prinsipnya produk NASA bisa digunakan untuk segala macam jenis tanaman, untuk jamur merang bisa menggunakan POC NASA yang disemprotkan ke media, atau disuntikkan ke baglog yang sudah berisi bibit.Dengan rekomendasdi 3-5 tutup poc per 5-10 liter air, dan disuntikkan/disemprotkan secukupnya , usahakan media tumbuh didalam baglog bisa merata terkena larutan tadi.

· Produk NASA apa saja yang efektif untuk memacu buah naga dan aplikasinya.
Bapak bisa menggunakan Powernutrition rutin per 3-4 bulan sekali, dengan dosis 1 sdm per 5-10 liter air dan dikocorkan merata per tiang ( 4 tanaman) bersama NPK yang biasa bapak gunakan yang kandungan P lebih tinggi, dan untuk memacu pertumbuhan tunas dan bunga bisa menyemprotkan POC NASA 3-5 ttp dan HORMONIK 1-2 tutup per tangki 14 liter 1-2 bulan sekali.

· Di usia berapa saya harus menyemprotkan hormonik agar menghasilkan bulir padi banyak?
Aplikasi yang baik adalah semenjak tanaman mulai segar (umur 1-2 minggu setelah tanam) dengan perbandingan 1-2 tutup hormonik dan 3-4 tutup POC NASA per tangki semprot 14 liter, dilanjutkan umur 30,45 hari

· Utk prod pupuk tabur green star 1 ha pakai berapa? Dan apa sdh tdk pakai urea sdh mampu?
Untuk 1 ha padi perlu 30 pack green star, dengan perhitungan rata-rata per 1000 meter membutuhkan 3 sachet per sekali semprot. Untuk Urea/NPK tetap dibutuhkan karena merupakan unsure Makro yang juga sama pentingnya dengan Mikro (NASA)

· Utk perawatan tanaman herbaL yang tepat harus pake apa aja? Soalnya tdk bisa pakai pup kimia, serta interval pemberian pupuk berapa?
Gunakan Supernasa 1-2 sdm/10 liter untuk pengocoran per 2 minggu, dan penyemprotan POC 3-4 ttp dan Hormonik 1 tutup per 14 ltr per minggu.
· Kalau pemupukan cabe merah dengan pola dicairkan antara POC NASA + SUPERNASA + PWR + Glio untuk aplikasinya per minggu atau per dua minggu?
2 minggu sekali (untuk pengocoran) Jika POC dan HORMONIK untuk disemprotkan bisa per minggu sekali ke daun.
SPRN bersifat slowrelease/unsurnya dilepaskan perlahan2 sehingga akan efektif jika diaplikasikan sejak awal atau olah lahan untuk tanaman umur pendek. POC NASA bisa disemprotkan atau dikocorkan.
· Penggunaan POC/SPRN/PWR apa boleh dicampur dengan NPK untuk dikocorkan pada pemupukan cabe, dosis berapa?
2 minggu sekali (untuk pengocoran) Jika POC dan HORMONIK untuk disemprotkan bisa per minggu sekali ke daun.
SPRN bersifat slowrelease/unsurnya dilepaskan perlahan2 sehingga akan efektif jika diaplikasikan sejak awal atau olah lahan untuk tanaman umur pendek. POC NASA bisa disemprotkan atau dikocorkan.
Boleh dan memang pemupukan yang baik adalah lengkap dan seimbang antara makro dan mikro. Dosis spr/pwr 1 sdm per 10 liter air + NPK 1-2 sdm dikocorkan ketanaman 1 gelas per batang cabe, per 1-2 minggu sekali.

· Apakah aplikasi produk NASA bisa dicampur dengan pestisida? Dan apakah aplikasi produk NASA dengan dosis tinggi, hasilnya jadi lebih bagus?
Bisa saja hanya efektifitas pemupukan /pengendalian hama berbeda waktunya. Untuk pemupukan efektif jika pagi hari, untuk hama penyakit sore hari. Dosis tinggi tidak selalu bagus. Konsep pemupukan yang baik justru bertahan namun rutin daripada banyak namun sempat terputus dengan jangka waktu lama.

· Pentana dicampur dengan POC NASA boleh tidak?
Boleh . Yang tidak boleh jika pentana /pestona dicampur dengan Glio, BVR,VITURA,VIREKSI (yang dalam kemasan pack / karton, karena bahan dasarnya makhluk hidup bisa mati jika terkena racun.
· Bagaimana mengatasi tanaman lombok kekurangan gizi. Pada ketinggian 2000 mdpl, tanah gembur sekali.
Tanaman tersebut kurang gizi karena cabe tidak tahan hidup pada ketinggian 2000 mdpl. Sehingga meskipun tanah subur/gembur, cabe bpk tidak mau berbuah/berbunga dengan bagus. Solusinya cari tanaman cabe yang lokal yang tahan pada ketinggian tersebut.
· Obat untuk campuran kompos itu apa saja?
Agar kompos / pukan tidak menjadi sarang bibit penyakit / jamur taburkan Glio dan peram 7-10 hari, kemudian bisa digunakan untuk pupuk dasar.
· Apakah aplikasi POC NASA dan obat kimia (fungisida) bisa dicampur tidak?
Bisa saja, namun untuk efektifitas penyemprotan dilakukan pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit atau sore sekalian.
· Untuk pemupukan kacang hijau dan jagung bagaimana, dan umur berapa saja serta kebutuhan produk NASA nya berapa?
Kacang hijau dan jagung prinsipnya sama yaitu 2 botol supernasa / 1000 meter persegi saat olah tanah atau 2-3 hari sebelum tanam.POC NASA dan Hormonik dengan perbandingan 4 : 1 tutup per tangki dan aplikasikan pada umur 15,30,45 hari
· Cara pupuk pohon mangga gmn ya dan kira kira dapat dilakukan hingga berapa kali dalam waktu 1 bulan/ tahun terus pupuk harus menggunakan apa saja?
1 bulan 1 x , 1-2 sdm PWR atau SPRN (tergantung sdh produksi atau belum), tambahkan NPK 2-3 sdm per aplikasi jika ditanam di tanah, (jika tabulampot 1-2 sdm) dengan cara dikocorkan . Sesekali bisa ditambahkan Dolomit atau kapur pertanian.

· Apakah betul produk TON dan SPRN bisa saling menggantikan,?
Bisa karena kandungannya hampir sama dan fungsinya di lahan sama-sama sebagai pembenah tanah.
· Boleh tidak pak saya menggunakan dosis NASA 8 tutup dan Hormonik 3 tutup per tangki , usia padi 45 hari setelah tanam, dan bagaimana resikonya?
POC NASA cukup 3-5 tutup dan Hormonik 1-2 tutup. Jika kebanyakan juga kurang baik karena ada batas-batas tertentu yang optimal.

· Bagaimana pemupukan yang efisien dan efektif pada tanaman kopi yang masih produktif, agar untung bertambah?
Gunakan PWR NUTR 3,5 ? 5 kg per hektar per 4-6 bulan sekali, lakukan pemangkasan bentuk, dan penyemprotan POC NASA dan Hormonik 2-3 bulan sekali. Menjaga kebutuhan air tanaman pada saat kering agar bisa tercukupi.

· Mohon info produk NASA yang digunakan untuk kelapa sawit usia tanam 97, juga cara aplikasinya.
POWERNUTRITION 5 kg/ ha , 4-6 bulan sekali bisa ditaburkan bersama NPK (pupuk Makro) atau dikocorkan di piringan.

· Apakah PESTONA bisa dicampur dengan PENTANA dalam tanaman bawang merah? Karena dalam tanaman bawang merah milik saya kena ulat dan masih ada yang teler. Kira2 dosisnya berapa ya?
Jika ulat tersebut ulat Grayak yang menyerang bawang.. gunakan VIREKSI agar daya bunuh nya lebih luas karena sifat dan cara kerja virus dalam VIREKSI yasng mampu menularkan ke ulat sehat yang lain. PESTONA dan PENTANA bisa saja untuk mengatasi ulat dan bisa dicampur. Dosis Vireksi 1-3 sdm/tangki, dan jika pakai PENTANA 4-5 tutup, dan PESTONA 7-8 tutup/ tangki

· Produk NASA untuk Tembakau bagaimana apakah akan menyebabkan daun keras saat akan panen?
Produk NASA akan memberikan segala kebutuhan tanaman di bidang Nutrisi, termasuk Makro, Mikro, dan Hormon. Menurut pengalaman penggunaan produk NASA cukup baik untuk produktivitas dan kualitas tembakau di NTB, dan tempat2 lain di Indonesia ( Madura, Klaten dll)

· Antara TSP, SP 36 dan SUPERFOSFAT mana yang lebih bagus untuk padi , dan berapa usia batas akhir penyemprotan NASA?
Semua mengandung unsur P yang penggunaan terbaik adalah sebelum ada tanamannya (saat olah tanah/saat buat lubang tanam untuk tanaman tahunan) dan untuk akhir penyemprotan produk NASA pada tanaman padi bisa dilakukan 1-2 kali lagi ketika padi mulai bunting

· Cabe saya lagi berbunga dan berbuah, bolehkah disemprot NASA dan HORMONIK? Bunga dan pentil banyak yang rontok kenapa? Dan bagaimana mengatasinya?
Boleh , namun sebaiknya tidak mengenai bagian bunga, (atau jika ingin lebih aman bisa dikocorkan saja) Kerontokan pada pentil, dan bunga bisa disebabkan karena kurang KCl atau Hormon, atau penyebab fisik yang lain misalnya adanya trips yang menghisap cairan pada tangkai bunga atau buah, atau juga bisa karena angin yang terlalu keras
· Saya mencoba memakai produk POC + Horm untuk 100 m2 padi dengan keadaan padi sudah merah atau jelek mungkin karena air dalam sawah yang tinggi.. setelah 1 minggu padi tadi udah ada bijinya yang bagian tepi soalnya qak terlalu tergenang air tapi yang tengah masih belum muncul bijinya tapi lumayan daun udah hijau lagian airnya juga tinggal sedikit. Mungkinkah padi tersebut udah terlalu tua sehingga saya terlambat mengaplikasikan produk NASA, terus seumpama dalam jangka waktu 10 hari hari saya kasih lagi bagaimana?
Memang, dari informasi yang masuk sawah bapak tergenang terlalu lama sehingga tanaman padi merah dan terhambat pertumbuhannya. Cara yang paling mudah adalah dengan mengeringkan lahan dan mengapur dengan dolomit dan menaburkan supernasa, serta menyemprotkan POC NASA 3-4 tutup/tangki dan Hormonik 1 tutup. Karena umur padinya sudah cukup tua ( masuk fase Generatif) memang pemupukan tidak seefektif selagi tanaman masih muda, namun menurut hasil penelitian tetap saja pemupukan lewat daun bisa membantu penyerapan unsur2 yang dibutuhkan tanaman hingga mendekati masa panen.

· Berapa liter dosis campuran air maksimal untuk 1 botol SUPERNASA dan POWER?
Air adalah pelarut, yang penting dosis per pokok tidak kurang.Semakin banyak air sebagai pelarut justru akan mempercepat penyerapan unsur unsur yang dibutuhkan tanaman. Untuk dosis tanaman keras (baik SUPERNASA ataupun POWER NUTRITION ) adalah 3.5 ? 5 kg per hektar per 4-6 bulan sekali.

· Saya tanam sayuran. Tanpa pupuk kandang tanpa pakai NPK. Ada kepastian tumbuh subur tidak?
Tergantung bapak tanam dimana. Jika medianya masih cukup subur (kaya unsur hara Makro / NPK) tanaman akan subur, karena pupuk NASA adalah pupuk mikro dan mengandung hormon dan sedikit Makro dari bahan organik, dan mengandung pembenah tanah.
· Bagaimana cara pemupukan pada tanaman hias agar lebih hemat dan hasilnya bagus. Khususnya di anthurium.
Untuk anthurium bisa diberikan rutin SUPERNASA 1 sdm/pot/2-3 bln sekali, dan penyemprotan NASA ?HORMONIK 4:1 ttp, 1-2 minggu sekali. Yang penting media ckp baik, steril dari jamur.

· Kalo untuk karet dan coklat yang bagus dikasih apa?
Karet dengan SUPERNASA 3,5 ? 5 kg / ha/ 4-6 bln, atau jumlah tadi dibagi untuk memupuk per 2 bulan. Untuk Kakao PWRNUTR 4-6 bln, dan jika mau sesekali (2 bulan sekali) semprot POC NASA ? HORMONIK
· Untuk sawit umur 9 tahun, produk NASA yang digunakan apa saja, dosis berapa dan aplikasinya?
Untuk sawit 0-3 tahun (TBM) gunakan SUPERNASA 3,5 kg/ha, jika sudah produksi (TM) 1-5 gunakan POWERNUTRITION 3,5-5 kg/ha/6 bulan, jika lebih 5 tahun POWERNUTRITION 5 kg /ha/ 4-6 bulan sekali.
· Jika ingin aplikasi SUPERNASA,POC,dan HORMONIK di lahanpasir pantai untuk komoditi lidah buaya dosisnya berapa ya?
Untuk lahan pasir pantai, yang sangat penting untuk tanaman lidah buaya karena tanaman ini banyak menyerap dan menyimpan air adalah air itu sendiri. Bahan organik diperlukan salah satunya untuk membantu menahan air dan juga menyediakan unsur hara bagi tanaman. Produk SUPERNASA cukup 0,5 kg / 1000 meter persegi (dengan aplikasi dikocorkan dekat dengan perakarannya) karena tanaman lidah buaya ditanam dengan jarak tanaman yang teratur. POC NASA dan HORMONIK dengan perbandingan 4 : 1 tutup per tangki , semprotkan 1-2 minggu sekali, dan sekali lagi yang penting cukupi kebutuhan air tanaman

· Pupuk kita bisa tidak untuk budidaya jamur?
Bisa . Suntikkan ke baglog larutan POC NASA dengan konsentrasi1 tutup/3 liter. Atau campur adukkan dalam media. Karena jamur tidak berhijau daun , maka tidak untuk disemprotkan.
· Kalau untuk padi pemakaian POWERNUTRITION baiknya pada saat tanaman umur berapa hari? Bagaimana jika penggunaan SUPERNASA dicampur hanya dengan Urea saja ? apakah hasilnya akan bagus?
Umur Padi 40 ? 45 hari bersama dengan pemupukan KCl terakhir. Urea ( adalah salah satu unsur makro dan mengandung N / Nitrogen) Selain N yang termasuk unsur makro ada P, K,Ca,Mg,S. Di SUPERNASA banyak kandungan unsur mikro, sehingga jika unsur lengkap dan tepat, hasil akan lebih baik.

· Apakah tanaman organik bisa memberi hasil lebih banyak daripada yang memakai pupuk kimia? Dan apakah hasilnya akan selalu meningkat?
Tanaman organik murni jika kondisi tanah kaya akan unsure-unsur makro akan tinggi hasilnya, tetapi jika tanah tidak subur produksinya akan kalah dengan yang pakai NPK. Jadi perlu keseimbangan kebutuhan makro dan mikro bagi tanaman.

· Pak, NASA kan 100% organik kalau lebih dosis tidak ada masalah tapi di cabe rawit setelah di semprot NASA 1 ttp/10 liter air 2 hari kok langsung mati?
Sampai 5 tutup per 10 liter pun sebenarnya tidak masalah, apalagi hanya 1 tutup. Permasalahan mungkin kondisi kering dipupuk dengan Urea, atau adanya serangan layu Fusarium.

· Semangka umur 13 hari apa masih bisa diberi power nutrisi. 1 hektar? Sebaiknya umur berapa power diberikan pada semangka?
POWER NUTRITION untuk semangka cukup 1 sdm per 10 liter dan kocorkan ke tanaman 1 gelas per batang. Umur 40 hari atau saat tanaman mulai muncul bunga.

· Apa sebabnya tanaman saya setelah saya pupuk pakai NASA kok malah buahnya pada hitam dan masih muda pada rontok? Dosis yang saya pakai POC NASA 3 tutup HORMONIK 2 tutup SUPERNASA 3 sdm, dan NPK 1 gelas VIT per tangki. Mohon Penjelasan.
NPK 1 gelas VIT/ tangki penyebab daun dan buah terbakar, hitam dan rontok. POC dan SPRN dan HOR, masih dalam batas layak meski SPRN tidak untuk disemprotkan.
Pertanyaan II
Tetapi Campuran itu tidak saya semprotkan ke daun tetapi saya kocorkan ke tanah .
Jawab II:
Betul Pak , itu yang namanya plasmolisis yaitu karena perbedaan konsentrasi cairan sel dengan pupuk sehingga cairan sel tanaman terserap, dan kering. Terjadi jika dosis pupuk terlalu tinggi dan kondisi tanah kurang air.
· Kamboja (Jepang) pupuknya gimana?
Pupuk dengan pengocoran SUPERNASA + sedikit NPK yang kadar P lebih tinggi 2 bulan sekali. Semprot POC + HOR (3:1-2 ttp) 1 bulan sekali. Perhatikan media jg harus poros (mudah atus).

· Bisa tidak pupuk Nasa untuk pembudidayaan jamur, dan kira2 produk apa saja yang digunakan agar hasil maksimal.
Produk NASA bisa untuk Jamur (POC NASA ) 1 tutup : 3-5 liter air dan suntikkan ke dalam media (baglog jamur), dan usahakan merata pada seluruh bagian media.
· Dosis untuk pemupukan karet dan sawit yang sudah produksi apa saja produk dari NASA yang digunakan, untuk 1 ha butuh berapa botol, untuk makronya berapa kg.
Untuk karet produksi bisa menggunakan SUPERNASA 3,5-5 kg/hektar per 4-6 bulan dan untuk sawit produksi 3,5 ? 5 kg POWERNUTRITION per 4-6 bulan sekali. Untuk makro bisa mengikuti dosis rekomendasi dinas pertanian setempat atau jika mengurangi makronya bisa 50% dari dosis rekomendasi tersebut.
· Saya tanam sayuran tanpoa pupuk kandand tetapi pakai NPK. Ada kepastian tumbuh subur tidak?
Jika tanah bapak masih cukup bagus tanaman akan dapat tumbuh bagus, namun jika kondisi tanah sudah rusak (dan ini mayoritas tanah pertanian sekarang) tentunya tanaman tidak akan tumbuh bagus / produksi tdk optimal karena kekurangan unsur mikro, hormon dan kandungan mikroorganisme tanah tersebut (biologi tanah) kemungkinan juga sudah tidak baik.Oleh karena itu perlu penambahan bahan organik, hormon dan pupuk mikro dari NASA

· Kalo karet sudah berumur 10 tahun jika 1 sendok SUPERNASA untuk 1 pohon karet bisa tidak? Kalo untuk tanaman jeruk apakah pupuknya seperti untuk coklat?
Sebenarnya idealnya untuk tanaman karet antara 30-35 gram (3 sdm) SUPENASA per pokok per 4-6 bulan sekali. Jika 1 sdm per pokok bisa saja namun interval pemupukan ditambah agar kecukupan nutrisi per batang tercukupi. Untuk tanaman jeruk dan Kakao sama-sama tanaman yang diambil buahnya sehingga bisa kita pergunakan POWER NUTRITION 3 ? 5 kg per hektar per 6 bulan , dan jika memungkinkan 1 bulan sekali disemprot dengan POC NASA dan HORMONIK dengan perbandingan 4 : 1 tutup / tangki.

· SUPERNASA , POC + KCl dilarutkan dalam air untuk disiramkan disekitar pohon untuk tanaman kopi, lada, coklat dsb bisa tidak?
Bisa dan memang efisiensi pemupukan akan lebih tinggi dan berhasil jika dalam pemupukan juga memperhatikan kadar air tanah/ kelembaban tanah.KCl memang diperlukan untuk memperkuat buah dan kualitas buah sehingga akan menghasilkan produk yang lebih baik.

· Bagaimana cara menaburkan dolomit pada tanaman padi?
Bisa diberikan sewaktu pengolahan tanah (ini yang terbaik ) atau jika sudah terlanjur tanam berikan dengan cara penaburan seperti memupuk urea atau pupuk makro lainnya.
· POWER,SUPER,POC,HORMONIK campur BVR tanpa AERO apa bisa dan berapa lama tahan BVR dalam campuran tersebut?
Bisa asalkan tanpa AERO dan untuk waktunya bisa beberapa hari (maksimal 5 hari)

· Tumbuhan Kapulaga sebagai bahan balsem termasuk golongan hortikultura/perkebunan?
Tumbuhan ini termasuk tanaman sejenis jahe-jaheaan (rempah) meskipun yang di ambil adalah buahnya.
· Produk NASA apa saja yang bisa dipakai untuk budidaya tebu ?
SUPERNASA untuk pupuk dasar, kebutuhan 3,5-5 kg/hektar dan POC NASA ? HORMONIK masing masing 5 liter dan 0,5 liter , yang disemprotkan ke tanaman umur 1,2, dan maksimal 3 bulan.

· Saya telah pakai lebih dari 1 tahun produk NASA, untuk sawit daunnya bintik-bintik kuning dulu 5 batang sekarang sudah 25 batang. Bagaimana cara mengatasinya?
Dari gejalanya, tanaman sawit bapak terkena gejala kekurangan unsure makro yaitu Kalium (yang biasa dalam (KCl atau MOP) . Biasanya terjadi setelah panen raya dan akhir musim hujan.

· Untuk penggunaan NASA ini kira2 berapa bulan dapat dilihat hasilnya dari pada yang tidak pakai NASA?
· Untuk melihat efek reaksi produk NASA pada tanaman tahunan / semusim membutuhkan syarat syarat lain antara lain : kandungan air tanah / kelembaban tanah sebagai pelarut pupuk, dan jumlah / dosis pupuk. Jika kondisi tanah dalam keadaan kering maka reaksi akan nampak lebih lama, sedangkan jumlah atau dosis pupuk perpokok akan menentukan berapa kebutuhan pupuk per batang sehingga akan menghasilkan produk optimal.Jika kondisi ideal biasanya untuk tanaman semusim 1-2 minggu setelah aplikasi dan untuk tanaman tahunan 1 bulan.

· Kenapa tanaman bawang merah saya setelah disemprot dengan NASA dan HORMONIK daunnya menjadi kuning dan pucuknya jadi kering? Baru 1 kali semprot.
Daun kuning dan kering pada bawang merah bisa disebabkan karena banyak kemungkinan : yaitu tangki semprot yang tidak bersih/ masih mengandung sisa herbisida, permukaan air yang terlalu tinggi sehingga merendam sebagian akan, atau karena terkena penyakit yang disebabkan oleh jamur / virus (baik dari bibit atau dari lingkungan).Penggunaan Glio untuk antisipasi kemungkinan yang terakhir tadi.
· Kalau sudah pakai GREEN STAR apakah NASA dan HORMONIK masih diperlukan?
Karena Green Star adalah inovasi produk terbaru kami dan kandungan unsurnya sepeti NASA dan HORMONIK hanya berbeda wujudnya, maka penggunaan Green Star tidak perlu lagi menggunakan POC dan HORMONIK

· Saya menanam brambang dari awal saya kasih hormonik 1 tutup dan NASA 4 tutup, sekarng pertumbuhannya macet dan daunnya kekuning-kuningan.Bagaimana solusinya?
Jika kondisi tanaman kurang sehat, sebaiknya cukup menggunakan POC NASA saja , karena penggunaan Hormon akan lebih baik jika tanaman dalam kondisi sehat dan normal sehingga benar2 mampu mempengaruhi pertumbuhan vegetatif tanaman. Untuk kondisi air juga jangan terlalu banyak (apalagi menggenangi wilayah perakaran) dengan cara membuat parit lebih dalam / mengalir karena tanaman akan lemas karena kekurangan oksigen.

· Semangat pagi ! Mau tanya tentang budidaya tanaman lidah buaya dengan bibit asal Brazil...
Pergunakan SUPERNASA untuk pengocoran ke masing masing pokok/rumpun 1 bulan sekali, dan semprotkan POC NASA ?HORMONIK 3-5 tutup : 1 tutup/ tangki per 1-2 minggu sekali, dan berikan NPK sesuai dengan dosis rekomendasi setempat.

· Apa yang harus dilakukan pada lahan yang agal berpasir di Merauke? Supaya tanaman bisa tumbuh karena ada yang nanam lombok pada lahan tersebut tanaman jadi kering. Penyiraman dilakukan dengan air slobar. Kemudian ada lahan dengan tekstur tanah lempung sama juga buat tanaman, akhirnya tanaman tsb mati. Solusinya bgmn?
Selain unsur hara yang menjadi faktor pembatas di tanah pasir adalah bahan organik dan air, karena bahan organik yang sedikit tidak bisa menahan air, padahal air sangat penting bagi pelarut dan mengimbangi evapotranspirasi.Untuk tanah liat yang menjadi masalah juga air karena sulit menembus bagian tanah akibat dari kurangnya pori makro. Cara terbaik dengan menambah bahan organik dan memberikan nutrisi dalam bentuk jadi secara bertahap tetapi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.Gunakan SUPERNASA untuk pengocoran dan juga POC NASA + HORMONIK untuk penyemprotan lewat daun.

· Untuk tanaman Hydroponik memakai produk apa?
Bisa menggunakan POC NASA dengan konsentrasi rendah, misal 1 tutup untuk 10-15 liter.
· Bagaimana aplikasi dan apa saja produk NASA yang dipakai untuk lahan yang 1 tahun sekali terkena air asin.

Taburkan merata dolomit 10-20 kg/1000 m? dan kocorkan SUPERNASA 1 kg/1000 meter persegi, dan sebisa mungkin dilakukan pengolahan tanah, agar reaksi pupuk yang kita berikan bisa rata.

· Pupuk buah (POWER NUTRITION) 500 gr untuk berapa meter ? pak?
Untuk tanaman buah semusim bisa untuk 1000 m?, untuk tanaman buah tahunan bisa dilihat di label produk , karena tergantung ukuran diameter batangnya, namun kira? berkisar 30-50 gram atau (3-5 sdm) per batang.

· Untuk perkebunan coklat, sebaiknya 1 botol Hormonik untuk berapa pohon, dan bagaimana aplikasinya.
Kebutuhan Hormonik untuk 1 hektar Kakao (asumsi 1 hektar 300-400 pokok) kurang lebih 400 ml (4 ) botol atau 1 botol HORMONIK untuk 75-100 batang kakao dengan cara dikocorkan disekitar pokok (jarak 1-2 meter dr batang)

· Untuk lahan yang kena limbah bekas pengeboran pertamina sudah 4 kali penanaman gagal terus, daunnya kering dan mati. Kira2 harus bagaimana penanggulangannya dengan produk NASA?
Penggunaan Dolomit diperlukan untuk menetralkan PH, dan pengocoran SUPERNASA dengan dosis 2-3 kali lipat dosis umum/biasanya cukup membantu untuk mengatasi permasalahan tanah-tanah eks tambang.

· Semprot POC di tanaman bisa tidak dicampur dengan pupuk kimia dalam 1 tangki (15 liter) ?
Bisa hanya perlu diperhatikan pupuk kimianya jangan terlalu banyak (terutama Urea) karena daun bisa terbakar , cukup NPK 1/3-1/2 sendok makan pertangki dan coba dulu dengan takaran yang kurang lebih dengan ukuran tadi .

· Apakah tanaman cengkeh bisa panen diluar musim kalau pakai POC NASA , SUPERNASA, dan HORMONIK, dan bagaimana caranya?
Untuk tanaman cengkeh membutuhkan syarat terutama iklim selain syarat-syarat lain yang juga tidak kalah penting. Produk NASA mampu mencukupi sebagian syarat-syarat tadi (terutama unsure hara Mikro, Hormon ,dan AS, organic tanah), namun untuk syarat yang lain seperti ketinggian tempat, air, bunsur makro juga harus dicukupi agar cengkeh bisa berbuah diluar musim. Namun setidaknya dengan menggunakan produk NASA mampu meningkatkan produksi cengkeh, sehingga mampu memberikan keuntungan lebih tinggi bagi petani.Caranya dengan menggunakan pupuk NASA dengan rutin, dan penyiraman yang cukup sehingga faktor intern dalam tanaman itu sendiri tidak menjadi factor penghambat lagi untuk berbuah (bahkan di luar musim) jika syarat yang lain sudah tercukupi.
· Apakah ada efek negative jika tanaman padi yang berumur 25 hari dikasih dolomite 25 kg, SUPERNASA 2 botol, dan POWERNUTRITION 2 botol , KCl 10 kg pada lahan 2100 meter, karena saat olah lahan tidak pakai.
Bisa saja pak meskipun untuk Dolomit dan SUPERNASA sebaiknya sejak awal olah tanah (karena sifatnya yang lambat tersedia) , sedangkan untuk POWER NUTRITION dan KCL bisa diberikan saat padi sudah mulai muncul bunga (akhir masa pertumbuhan vegetatif)

· SUPERNASA bisa tidak untuk mempercepat proses pematangan pupuk kandang mentah?mohon dosis dan rekomendasi aplikasinya.
Produk NASA bukan berbasiskan teknologi bakteri sehingga bukan sebagai penghancur pupuk kandang, namun produk NASA (SUPERNASA) bisa berperan sebagai media yang disukai oleh dekomposer, sehingga secara tidak langsung mempercepat pertumbuhannya dan mempercepat proses penghancuran bahan organik, serta menyediakan nutrisi2 yang sudah dalam bentuk siap pakai oleh tanaman. Cara yang bisa dilakukan dengan menaburkan/mengocorkan 5-10 sendok makan secara merata pada tumpukan pupuk kandang/kompos yang akan diperam.

· Karena saya lihat di VCD kalau sawit bisa dipanen bila sudah berumur 3 tahun. Apakah karet juga sama..bisa disadap sebelum 7 tahun pakai produk NASA?
Prinsipnya tanaman akan berproduksi jika sudah memasuki masa produksi yang umumnya tanaman sawit 30 bulan setelah tanam, dan karet 5 tahun keatas. Penggunaan produk NASA mampu mempercepat pertumbuhan tanaman sehingga lebih cepat mencapai masa dewasa dan berproduksi. Pengalaman menggunakan produk NASA untuk sawit 30 bulan bisa panen (tanpa mengalami pembuangan buah pasir) dan karet bisa tepat umur 5 tahun (karena diameter batang sudah memenuhi persyaratan)

· Kakak saya punya sawit umur 8 bulan. Produk NASA apa yang cocok untuk sawit yang berumur 8 bulan?
Pergunakan POC NASA dan HORMONIK (4-5 : 1 tutup per tangki) untuk penyemprotan daun 1-2 bulan sekali, dan SUPERNASA 3,5 kg/hektar per 6 bulan bisa dikocorkan atau ditaburkan bersama NPK.

· Kalau POWER dicairkan apa bisa disemprotkan pada tanaman coklat pak?
Untuk menyemprot lewat daun kita sudah ada POC NASA dan HORMONIK, meskipun POWER bisa juga disemprotkan dengan konsentrasi rendah, namun untuk ketepatan sasaran dan cara kerjanya kami sarankan kocor atau tabur saja ke tanah.

· SUPERNASA, POC NASA ,HORM, AERO dan BVR dicampur dan disemprotkan basah pada tanaman coklat apa bisa pak? Mohon keterangan. Tks
Semua bisa dicampur kecuali jika bertemu antara BVR dengan AERO. Karena BVR berbahan makhluk hidup tidak boleh dicampur dengan AERO.
· Mohon informasi cara penggunaan POWER NUTRITION terhadap tanaman padi sawah tks.
Penggunaan POWER NUTRITION untuk padi sawah sebaiknya dilakukan ketika tanaman padi sudah berusia 40 hari, dengan mencampur dan menaburkan POWER dengan KCl ke lahan , yaitu saat pemupukan KCl akhir.

· Sawah yang kurang sinar matahari / pinggir hutan hasilnya kurang baik. Bagaimana dengan penggunaan pupuk NASA?
Untuk mendapat hasil produksi yang optimal, tanaman membutuhkan syarat-syarat tumbuh antara lain sinar matahari, air, pupuk (NPK atau NASA) dll. Sehingga jika salah satu syarat tidak terpenuhi tanaman tidak akan menghasilkan sesuai dengan potensinya, termasuk dalam hal ini sinar matahari sangat utama bagi tanaman yang berhijau daun seperti padi.

· Semangat pagi Pak! Untuk sawit 2 hektar, umur 16 tahun, pemupukan yang efektif untuk POC NASA dan HORMONIK, SUPERNASA bagaimana?
· POC NASA, HORMONIK, dan SUPERNASA bisa dikocorkan ke tanaman dengan dosis 2 botol POC, 1 -2 botol HORMONIK, dan 2 botol SUPERNASA per 2 bulan. Namun sebenarnya kita ada produk yang lebih praktis yaitu dengan POWERNUTRITION bisa ditaburkan / dikocorkan bersama atau tanpa NPK , dengan kebutuhan untuk umur 16 tahun 5 kg/ ha/ 4-6 bulan sekali.

· Apa bisa hanya menggunakan SUPERNASA untuk tanah yang sedikit mengandung pasir tuk tanaman cabai? Berapa dosisnya untuk 1000 m2?
Sebaiknya bukan hanya SUPERNASA saja tetapi juga menggunakan pupuk Makro. Karena kebutuhan unsur hara tanaman meliputi Makro, Mikro dan juga hormon. Kebutuhan SUPERNASA untuk tanah pasir 0,5-1 kg / 1000 m.

· Bagaimana kalau POC NASA atau HORMONIK untuk manusia berbahaya atau tidak?
Meskipun bisa dikonsumsi manusia (terbukti di ternak dan ikan tidak bermasalah) karena telah melewati tahapan proses piruvatisasi tingkat III , namun tidak disarankan untuk manusia karena asal bahan dan proses pembuatannya tidak layak untuk manusia.
· Dalam ketinggian 2500 m dpl, masa panen cabe lebih lama yaitu panen perdana 4 bulan. Kalau dipacu dengan HORMONIK atau POWER NUTRITION bagaimana?
Pertumbuhan dan produksi optimal suatu tanaman budidaya dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain pupuk,hormon, air, cahaya, genetis dll. Penggunaan pupuk apapun tidak akan berpengaruh signifikan jika syarat-syarat tadi tidak tercukupi.Namun jika syarat-syarat lain tercukupi misalnya pemilihan bibit yang tahan ketinggian dan suhu rendah, tyahan penyakit maka penggunaan produk NASA akan menunjukkan hasil yang optimal pada cabe bapak.
· Lebih bagus manakah pemberian pupuk ZA dengan pemberian Dolomit untuk pertumbuhan tanaman?
Pupuk ZA dan Dolomit sama sama merupakan pupuk Makro, namun berbeda kandungan unsur dan cara kerja, sehingga tidak bisa diperbandingkan.

· Apakah kalau kita memakai pupuk NPK ditambah pupuk ZA kebutuhan tanaman dari unsur hara Ca, Mg sudah tercukupi tanpa pemberian dolomit atau kaptan ?
Tergantung dari jumlah dan keberadaan unsur tersebut di tanah, dan untuk ZA bukan pupuk yang mengandung Ca dan Mg

· Kebun karet per hektarnya perlu berapa macam produk NASA? Per pohon berapa takarannya?
Untuk karet yang sudah produksi gunakan 5 kg SUPERNASA per hektar per 4-6 bulan, atau kisaran 30-35 gram per pokok.
· Untuk pemupukan rabuk kandang sebaiknya dicampur apa ya..pada tanaman bawang merah dan dilakukan pada waktu bawang merah umur berapa?
Glio 1 pak yang dicampur rata dengan pupuk kandang 25-30 kg dan diperam 10 ? 14 hari (tidak kena sinar matahari), sebagai media dasar tanaman.
· Pak untuk mendapat hasil sampai kira-kira 15 ton, pupuk NASA yang digunakan per hektar biasanya berapa? Terus jenisnya apa saja?
Produk NASA yang bisa digunakan antara lain SUPERNASA 5 kg, POWER NUTRITION 5 kg, POC NASA 5-7 liter, dan HORMONIK 1 liter, dan penggunaan NPK yang sesuai dengan standar rekomendasi dinas pertanian setempat. Namun perlu diperhatikan bahwa syarat lain selain pupuk masih sangat banyak misal air, jenis bibit, ketinggian tempat, panjang penyinaran, hama penyakit dll, sehingga pengalaman produk NASA yang bisa dipergunakan bisa menghasilkan hasil tinggi adalah juga karena faktoir lainnya mendukung.
· Kami punya mangga dan sudah 2x berbunga, tetapi setiap berbunga, selalu rontok, tidak pernah menjadi buah..kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ?
Rontoknya bunga / buah pada mangga bisa karena kurang hormon, kurang unsur kalium , kekeringan , atau hama penyakit. Gunakan POWER NUTRITION rutin 2-3 sdm + NPK 2-3 sdm per aplikasi, 1-2 bulan danjangan sampai kekeringan, dan pencegahan hama penyakit terutama penggerekbatang dan buah dengan BVR.

· Bagaimana aplikasi GREEN STAR?
Sama dengan penggunaan POC NASA dan HORMONIK yaitu 1 sacchet GREEN STAR dituang ke tangki, masukkan air 14-15 liet dan semprotkan untuk daun tanaman pada pagi hari. Kebutuhan untuk luasan 1000 m? (tanaman semusim) sekali semprot 3 sachet atau 1 pack.
· Untuk pohon albasia yang tumbuhnya lambat (kerdil) sebaiknya pakai pupuk apa dan bagaimana caranya, berapa ukurannya?
Tanaman albasia kerdil bisa juga karena bibitnya yang kurang bagus, media di bawah ada terhambat batu, ataupun terjadi hambatan penyerapan unsur hara / pupuk yang diberikan. Untuk sebab yang ketiga , bisa bapak lakukan pemupukan dengan SUPERNASA 1 sdm + NPK 1 sdm + POC NASA dan Hormonik masing 2 1 tutup per 5 liter air. Kocorkan 0,5-1 liter ke bagian bawah tanaman (piringan 1 bulan sekali) , dan usahakan tanaman jangan kekeringan agar pupuk dapat terserap.
· Pestona, Vireksi, NASA,HORMONIK, POWER , SUPERNASA , dengan dosis kecil dalam botol dicampur untuk semprot bawang merah bagaimana?
VIREKSI (karena berbahan dasar Virus) tidak bisa dicampur PESTONA atau pestisida lain, namun bisa dicampur sengan produk pupuk diatas. Silahkan pilih salah satu menunda penyemprotan VIREKSI nya atau PESTONAnya
· Bagaimana cara pemupukan mangga yang udah berumur 7 tahun tidak dipelihara, supaya buahnya banyak?
Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah memangkas daun (pangkas bentuk pohon) agar bisa berbentuk baik dan bercabang produksi lebih banyak. Kedua lakukan pemupukan dengan Dolomit 0,25 kg bisa dengan cara dikocorkan atau ditaburkan di piringan. Kemudian setelah 15 hari bisa kita pupuk dengan NPK 0,25 kg + produk NASA , kami sarankan dengan POWER NUTRITION 3 sdm . Kemudian penyiraman yang cukup agar tanaman bisa menyerap pupuk yang kita berikan. Ulangi lagi 2 bulan kedepan (tanpa dolomit) , dengan tercukupinya unsur hara, hormon dan air, semoga pohon buah bapak bisa cepat berbuah

· Pestisida kimia (DECIS/MIDOR) apa bisa campurkan di tangki bersama POC NASA dan HORMONIK untuk disemprotkan? Aku pingin bertani cara NASA . apa ada buku panduannya?
Pestisida bisa dicampur dengan produk pupuk dari NASA , namun aplikasi dalam penyemprotan tetap kami sarankan di pagi hari , berakhir sebelum jam 10 karena stomata akan tertutup jika cuaca panas. Untuk buku panduan dari NASA sudah lengkap baik teknis budidaya, hama dan penyakit, peternakan/ perikanan dan kesehatan manusia. Silahkan bapak beli di stokist terdekat.
· Untuk penyemprotan padi dengan POWER NUTRITION dan HORMONIK yang bagus waktu pagi apa sore?
POWER NUTRITION sebaiknya untuk ditaburkan bukan disemprotkan, namun jika disemprotkan dengan konsentrasi rendah bisa juga. Sebaiknya penyemprotan dilakukan pagi dengan penjelasan sama dengan pertanyaan sebelum ini.

· Padiku umur 40 hari, apakah habis menyemprot dengan pestisida padiku boleh disemprot dengan NASA - HORMONIK, atau selang berapa hari sesudahnya?
Tidak ada keharusan untuk menunda penyemprotan, karena produk yang bapak akan aplikasikan adalah pupuk. Lain halnya jika setelah pestisida bapak menyemprot dengan BVR.. ini akan mengurangi efektifitas penyemprotan.

INFO LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI
NAMA : SITI FATMATUS SYAROFAH
KODE STOKIS: D.1737
TELEPONE\WA: 0822-2000-5350

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TANYA JAWAB PUPUK DAN BUDIDAYA"

Posting Komentar